Official Media Release

HalloBALI.id

25 Januari 2023

HalloBALI.id Menawarkan Desentralisasi Promosi untuk Menjangkau Pasar Secara Langsung Lewat Viralitas Media Sosial

Tepat setahun setelah diperkenalkan sebagai gerakan masyarakat anti-pandemi di tengah keterpurukan perekonomian akibat pandemi berkepanjangan, BacktoBALI.id berganti nama menjadi HalloBALI.id. Rebranding BacktoBALI.id juga disertai transformasi menyeluruh. HalloBALI.id adalah solusi bisnis bagi industri pariwisata untuk mendorong kemandirian dan meningkatkan daya saing di era digital.

Teknologi digital memungkinkan produsen produk-produk pariwisata seperti hotel, restoran, pengelola aktivitas, operator tour dan industri cinderamata dan sejenisnya untuk secara menjangkau pasar dan berinteraksi dengan calon konsumen secara langsung dengan instrumen-instrumen yang tersedia seperti website, social media, dan platform-platform distribusi konten

Menjangkau pasar secara langsung tanpa perantara membuat bisnis lebih efisien karena biayanya jauh lebih rendah. Di sisi lain bertransaksi dengan konsumen secara langsung juga menciptakan kemandirian yang pada akhirnya membuat bisnis lebih leluasa untuk menentukan strategi untuk meningkatkan profitabilitas, misalnya menentukan kebijakan yang berkaitan dengan harga dan distribusi

Sayangnya membangun instrumen digital marketing yang cukup kuat untuk menjangkau pasar yang luas sehingga menghasilkan penjualan yang tinggi bukanlah hal yang mudah. Perlu strategi yang tepat dan eksekusi yang konsisten dalam rentang waktu yang cukup panjang.

HalloBALI.id adalah platform yang memungkinkan dunia usaha untuk menjangkau langsung pasarnya secara desentralisasi untuk menghasilkan penjualan dengan cepat dan efektif lewat bantuan netizen yang berperan sebagai affiliate dalam metode “share to earn”.

Meskipun HalloBALI.id melibatkan netizen yang mendapatkan komisi dari penjualan yang dihasilkannya, transaksinya terjadi secara langsung antara konsumen dan merchant, sehingga merchant memiliki kebebasan penuh untuk mengelola konsumen tersebut sebagai konsumennya sendiri tanpa keterlibatan HalloBALI.id maupun netizen yang menginisiasi engagement awalnya.

Merchant dapat meningkatkan proporsi penjualan langsung secara signifikan.

Hotel dan usaha akomodasi lain dapat meningkatkan proporsi direct booking terhadap saluran-saluran lain dalam bauran sales distribution channels mereka sehingga profitabilitasnya meningkat begitu juga dengan independensinya.

HalloBALI.id - Platform Growth Hacking Promosi dan Penjualan Secara Desentralisasi

Rasionalisasi bauran sales distribution channel industri pariwisata Bali merupakan kebutuhan yang sangat mendesak. Menunggu masing-masing pelaku usaha mempelajari, membangun, dan mendorong infrastruktur digital marketing sendiri bukan pendekatan yang realistis dalam situasi seperti ini.

HalloBALI.id hadir sebagai akselerator. Platform ini bisa digunakan oleh para pelaku usaha pada industri pariwisata Bali untuk memperkuat brand awareness, memperluas pasar, sekaligus meningkatkan penjualan secara langsung, tanpa perantara. Promosi secara desentralisasi oleh nano dan micro influencer dapat menjangkau cakupan yang sangat luas dengan cepat melalui viralitas social media.

Dengan demikian yang terlibat dalam perputaran ekonomi pada industri pariwisata Bali tidak hanya pelaku usaha, pemerintah sebagai regulator, dan lembaga pendidikan tetapi juga masyarakat secara keseluruhan. Masing-masing bergerak secara independen tanpa ada entitas tertentu yang memegang kendali mengatur atau membatasi entitas lain.

HalloBALI.id Bukan Marketplace atau OTA

Meskipun merupakan sebuah platform digital, tidak berarti HalloBALI.id tidak disamakan dengan platform-platform lain yang juga menggunakan teknologi digital seperti metasearch, marketplace, OTA, atau travel agent konvensional yang mengoperasikan website e-commerce.

HalloBALI.id bukan perantara perdagangan lewat media digital.

Dengan konsep desentralisasi, HalloBALI.id hanya menyediakan platform dan tidak terlibat secara langsung dalam proses pemasaran, promosi, maupun transaksi. Merchant sebagai pemilik produk menentukan sendiri harga jual maupun komisi yang akan diberikan kepada netizen yang menghasilkan penjualan melalui promosi yang dia lakukan lewat jaringan sosial medianya.

Saat bertransaksi, pembeli juga tidak bertransaksi dengan HalloBALI.id apalagi dengan netizen yang mempromosikan tetapi langsung dengan merchant.

HalloBALI.id juga tidak mengambil ataupun menerima komisi. Yang menerima komisi adalah netizen yang menghasilkan penjualan melalui promosi yang dilakukannya. Meskipun netizen yang menghasilkan penjualan menerima komisi, mereka juga bukan perantara. Mereka hanya mempromosikan, tidak menentukan harga apaliagi komisi.

Affiliate Marketing Menguntungkan dengan Pendekatan “Share to Earn”

Untuk menjangkau target audience secara langsung, HalloBALI menggunakan metode affiliate marketing dengan pendekatan share to earn.

Dengan konsep desentralisasi, siapapun dapat mempromosikan produk tanpa harus terlebih dahulu mendaftar dan terdaftar menjadi affiliate. Siapapun bisa mempromosikan dengan cara dan gayanya sendiri, melalui instrumennya sendiri, kepada audience-nya sendiri, dan mendapatkan komisi jika promosinya menghasilkan penjualan.

Affiliate marketing konvensional yang banyak digunakan banyak platform lain dimana affiliate baru mendapatkan penghasilannya setelah konsumen menggunakan produk yang dibelinya. Untuk hotel misalnya, selah tamu check-out. Dalam model share to earn, netizen yang membantu promosi dan penjualan produk-produk merchant menerima pendapatan secara langsung begitu transaksi terjadi.

Dalam affiliate marketing konvensional, affiliate mendapat bagian kecil dari komisi yang diperoleh platform dari merchant. Di HalloBALI komisi diberikan langsung oleh merchant kepada affiliate. Platform hanya mengambil platform fee dalam prosentase kecil dari komisi yang diperoleh affiliate.

Komisi besar dan diterima langsung begitu transaksi terjadi merupakan nilai lebih yang sangat menguntungkan dan karenanya membuat affiliate lebih termotivasi.

Transformasi BacktoBALI.id Menjadi HalloBALI.id

HalloBALI.id menggantikan BacktoBALI.id. Tetapi perubahan ini tidak hanya sekedar pergantian nama atau rebranding.

BacktoBALI.id yang digagas sebagai gerakan masyarakat untuk secara bersama-sama memutar kembali roda perekonomian Bali yang terhenti karena pandemi Covid-19 bertransformasi menjadi solusi bisnis bagi industri pariwisata Bali untuk meningkatkan proporsi direct booking sehingga dengan sendirinya mengurangi ketergantungan terhadap marketplace dan OTA.

Distribusi yang lebih sehat antara kanal-kanal dalam bauran sales distribution channel, khususnya antara direct booking dan OTA otomatis akan meningkatkan kemandirian, efisiensi, dan profitabilitas bisnis sehingga dalam jangka panjang meningkatkan daya saing industri pariwisata Bali secara keseluruhan.

Germas anti-pandemi bernama BacktoBALI.id bertransformasi menjadi solusi bisnis bagi industri pariwisata Bali dengan nama HalloBALI.id yang dapat diakses di https://hallobali.id

Knowledge Center Digital Marketing Bali

Selain platform HalloBALI.id, iPaymu juga menyiapkan knowledge center yang dapat digunakan baik oleh pelaku usaha maupun masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan digital marketing, bisnis, dan industri.

Terdiri dari online course dalam bentuk live dan video yang dapat diakses kapan saja, pengguna bisa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan praktis yang dapat langsung diaplikasikan baik untuk meningkatkan efektivitas promosi mereka dalam menggunakan HalloBALI maupun mengelola instrumen digital marketing mereka sendiri.

Konten knowledge center secara berkesinambungan diperkaya dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi terkini, sehingga pengguna akan selalu mendapatkan pengetahuan dan keterampilan terkini untuk terus beradaptasi dengan perkembangan dunia digital marketing yang sangat dinamis.